- Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Masa Lalu
Manusia telah melakukan
komunikasi sejak zaman prasejarah, hanya saja cara dan peralatan yang digunakan
masih sangat sederhana. Perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman permulaan
dibagi lima periode berikut.
1.Periode
sebelum 3000 SM
Pada periode
ini, manusia berkomunikasi dengan cara yang sangat terbatas. menggambarkan informasi
yang mereka dapatkan dengan melukisnya dinding-dinding gua. Bahasa yang
digunakan manusia untuk berkomunikasi hanya terbatas pada dengusan, bahasa
isyarat, dan gerakan tangan.
2.Periode
3000 SM
Pada masa
ini, untuk pertama kalinya manusia mulai menggunakan tulisan sebagai alat
komunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa simbol-simbol yang dibentuk
dari piktograf sebagai huruf.
3.Periode
2900 SM
Pada periode
ini, bangsa Mesir Kuno telah menggunkan huruf hieroglif sebagai alat untuk berkomunikasi. Huruf-huruf tersebut
terdiri atas simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapal.
Selain bangsa Mesir, bangsa China juga masih sudah mulai menggunakan tulisan
modern sebagai alat berkomunikasi.
4. Periode 500 SM
Pada masa
ini, kertas dan serat pohon papirus mulai digunakan untuk menulis. Kertas
tersebut dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi dan menyampaikan
informasi. Serat papirus lebih kuat dari pada tanah liat yang sebelumnya
digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi.
5.Periode
105 SM
Pada periode ini, bangsa China menemukan kertas. Kertas
tersebut terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan
diratakan serta dikeringkan. Pada masa ini juga mulai muncul system pencetakan
dengan menggunakan kayu yang ditoreh dan dilumuri tita. Bangsa Hindus di India
telah membuat system bilangan 9 digit yang sampai sekarang kita gunakan.
- Sejarah Perkembangan
Komputer
1.Alat Hitung
Tradisional
Salah satu
contoh alat perhitungan kuno adalah Abacus.
Alat ini telah digunakan oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno. Pada tahun 1642,
Blaise Pascal dari prancis menemukan kalkulator otomatis yang pertama yang
diberi nama Pascaline. Alat tersebut melakukan perhitungan dengan cara
menggunakan seperangkat roda gigi yang saling
berhubungan.
Pada tahun
1670-an, Gotifried Willhem menambahkan system bilangan biner pada kalkulator
buatan Pascal. System bilangan biner adalah sebuah system perhitungan yang
mudah ditangani dibandingkan system desimal. Pada tahun 1820-an, Charles Badbage
mengembangkan sebuah ide Komputer mekanik versi pertama yang disebut difference engine, versi terakhir dari
computer mekanik disebut mesin penganalisis yang dapat diprogram.
Selanjutnya,
computer terus mengalami perkembangan hingga pada tahun 1931, Vannevar Bush
menemukan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan
matematika yang kompleks secara otomatis. Alat ini merupakan pelopor alat
modern. Pada tahun 1937-1939, John Vincent Antasannof dibantu asistennya
mencoba membuat computer listrik. Proyek mereka berhenti karena kehilangan
sumber pendanaan.
2.Komputer
Generasi Pertama
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan computer
untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki computer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan computer serta mempercepat kemajuan teknik
computer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah computer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu
juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan computer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan computer pemecah kode-rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri computer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan computer serba guna (general purpose computer). Ia hanya
didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannnya
hingga satu decade setelah perang berakhir.
Usaha yang
dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard—IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan computer relai elektronik. Computer ini mengguakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut
beroperasi dengan lambat (membutuhkan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan)
dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Mesin tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
computer lain pada masa kini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC),
yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika
Serikat dengan University
of Pennsylvania .
Terdiri atas 18000 tabung vakum, 70000 resistor, dan 5 juta titik solder,
computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya
sebesar 160 kW.
Computer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980).
ENIAC merupakan computer serba guna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylania dalam usaha membangun
konsep desin computer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik
computer. Von Neumann mendesin Electronic
Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung program ataupun
pekerjaannya kembali. Teknik ini memungkinkan computer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melajutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah Unit
Pemrosesan Central (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi computer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic
Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi computer komersial
pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Salah satu
hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalam keberhasilanya dalam
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun
1952. Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa intruksi
operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki
program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).
Hal ini menyebabkan computer sulit untuk di program dan membatasi kecepatannya.
Ciri lain
computer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat computer pada
masa tersebut berukuran besar) dan silinder magnetic untuk penyimpanan data.
3. Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi
perkembangan computer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,
dan computer. Akibatnya, ukurran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam computer mulai pada
tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti magnetic
membantu pengembangan computer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,
lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi disbanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer. IBM
membuat super computer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat computer
bernama LARC. Computer –komputer ini, yang dikembaangkan untuk laboratorium
energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat
dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung
terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan, yaitu
satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US
Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi
kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah
bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan computer generasi
kedua yang sukses dibidang bisnis, universitas, dan pemerintahan.
komputer-komputer generasi kedua ini merupakan computer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat di
asosiasikan dengan computer pada saat ini, misalnya printer, penyimpanan dalam disket,
memory, system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting computer pada masa ini adalah IBM
1401 yang diterima secara luas dikalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan computer generasi kedua untuk memproses
informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam computer dan bahasa
pemrogaman yang ada di dalamnya memberikan fleksibesibelitas kepada computer.
Fleksibelitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi pengguna
bisnis. Dengan konsep ini, computer dapat mencetak faktur pembelian konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa
bahasa pemrogaman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrogaman Common Business Oriented Language (COBOL)
dan Formula Translator (FORTRAN)
mulai umum digunakan. Bahasa pemrogama ini menggantikan kode mesin yang rumit
dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami
oleh manusia. Hal ini memudahka seseorang untuk memprogram dan mengatur
computer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli
system computer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
pada masa computer generasi kedua ini.
4.Komputer
Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube
vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintergrasi (IC: intergrated
circuit pada tahun 1958).IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak
komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komponen menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori computer.
5.
Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Intregration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very
Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip
tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI)meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya
harga dan ukuran computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi
dan keterandalan computer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun1971 membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah computer (central processing unit, memori dan kendali
input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk
mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diproduksi dan kemudian di program untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diingikan. Tidak lama kemudian, setiap
perangkat rumah tangga dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang dengan demikian memungkinkan orang-orang
biasa untuk menggunakan computer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit computer menawarkan produk computer mereka ke masyarakat umum.
komputer -komputer ini, yang disebut
minicomputer, dijual dengan paket piranti lunak yyang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling popular pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600
menarik perhatian konsumen untuk computer rumahan yang lebih canggih dan dapat
di program.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan
di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta
unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. sepuluh tahun kemudian
65 juta PC digunakan. Computer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari computer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi computer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar computer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system
grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan computer yang
berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible
dengan pemakaian CPU; IBM PC/486,Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya.
Ini semua masuk dalam golongan computer generasi keempat. Seiring dengan
menjamurnya penggunaan computer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring bertambah kuatnya suatu computer kecil,
komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk
dapat saling bekomunikasi satu dengan yang lainnya. Computer jaringan
memungkinkan computer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network atau
LAN), atau kabel telepon, jaringan
ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
6.
Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan computer generasi kelima mejadi cukup sult
karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif computer generasi kelima
adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
computer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),
Hal dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia,
menggunakan masukan viual, dan belajar dari pengalamanannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa computer
dapat merima intruksi secara llisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan
untuk menerjemahkan bahasaasing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilita tersebut menjadi
jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian
manusia sangatt bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar
menerjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi
semakin memungkinkan pembuatan computer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang utama adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model
non-Neumann. Model non-Neumann akan digantikan dengan system yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja serempak. Kemajuan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang merpakan Negara yang terkenal dalam sosialisasi
jargon dan proyek computer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for New
Computer Techology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar
yang menyatakan bahwa proyek ini tlah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan
baru paradigma komputerisasi di dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan berkomentar yg sopan ^^