Translate

Sabtu, 03 November 2012

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI




  1. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Masa Lalu


Manusia telah melakukan komunikasi sejak zaman prasejarah, hanya saja cara dan peralatan yang digunakan masih sangat sederhana. Perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman permulaan dibagi lima periode berikut.

1.Periode sebelum 3000 SM
Pada periode ini, manusia berkomunikasi dengan cara yang sangat terbatas. menggambarkan informasi yang mereka dapatkan dengan melukisnya dinding-dinding gua. Bahasa yang digunakan manusia untuk berkomunikasi hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.

2.Periode 3000 SM
Pada masa ini, untuk pertama kalinya manusia mulai menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf.

3.Periode 2900 SM
Pada periode ini, bangsa Mesir Kuno telah menggunkan huruf hieroglif sebagai alat untuk berkomunikasi. Huruf-huruf tersebut terdiri atas simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapal. Selain bangsa Mesir, bangsa China juga masih sudah mulai menggunakan tulisan modern sebagai alat berkomunikasi.

 4. Periode 500 SM
Pada masa ini, kertas dan serat pohon papirus mulai digunakan untuk menulis. Kertas tersebut dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Serat papirus lebih kuat dari pada tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi.

5.Periode 105 SM
          Pada periode ini, bangsa China menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan diratakan serta dikeringkan. Pada masa ini juga mulai muncul system pencetakan dengan menggunakan kayu yang ditoreh dan dilumuri tita. Bangsa Hindus di India telah membuat system bilangan 9 digit yang sampai sekarang kita gunakan.


  1. Sejarah Perkembangan Komputer

1.Alat Hitung Tradisional

Salah satu contoh alat perhitungan kuno adalah Abacus. Alat ini telah digunakan oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno. Pada tahun 1642, Blaise Pascal dari prancis menemukan kalkulator otomatis yang pertama yang diberi nama Pascaline. Alat tersebut melakukan perhitungan dengan cara menggunakan  seperangkat roda gigi yang saling berhubungan.
Pada tahun 1670-an, Gotifried Willhem menambahkan system bilangan biner pada kalkulator buatan Pascal. System bilangan biner adalah sebuah system perhitungan yang mudah ditangani dibandingkan system desimal. Pada tahun 1820-an, Charles Badbage mengembangkan sebuah ide Komputer mekanik versi pertama yang disebut difference engine, versi terakhir dari computer mekanik disebut mesin penganalisis yang dapat diprogram.
Selanjutnya, computer terus mengalami perkembangan hingga pada tahun 1931, Vannevar Bush menemukan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan matematika yang kompleks secara otomatis. Alat ini merupakan pelopor alat modern. Pada tahun 1937-1939, John Vincent Antasannof dibantu asistennya mencoba membuat computer listrik. Proyek mereka berhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
         
          2.Komputer Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut  berusaha mengembangkan computer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki computer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan computer serta mempercepat kemajuan teknik computer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah computer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan computer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan computer pemecah kode-rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri computer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan computer serba guna (general purpose computer). Ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannnya hingga satu decade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard—IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan computer relai elektronik. Computer ini mengguakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (membutuhkan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Mesin tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan computer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Terdiri atas 18000 tabung vakum, 70000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.
Computer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan computer serba guna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan  1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylania dalam usaha membangun konsep desin computer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik computer. Von Neumann mendesin Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori  untuk menampung program ataupun pekerjaannya kembali. Teknik ini memungkinkan computer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melajutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur  von Neumann adalah Unit Pemrosesan Central (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi computer  dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi computer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalam keberhasilanya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan computer sulit untuk di program dan membatasi kecepatannya.
Ciri lain computer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat computer pada masa tersebut berukuran besar) dan silinder magnetic untuk penyimpanan data.


          3. Komputer Generasi Kedua
                  
          Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan computer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan computer. Akibatnya, ukurran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
          Transistor mulai digunakan di dalam computer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti magnetic membantu pengembangan computer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi disbanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer. IBM membuat super computer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat computer bernama LARC. Computer –komputer ini, yang dikembaangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan, yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
          Pada awal 1960-an, mulai bermunculan computer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. komputer-komputer generasi kedua ini merupakan computer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat di asosiasikan dengan computer pada saat ini, misalnya printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
          Salah satu contoh penting computer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas dikalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan computer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
          Program yang tersimpan di dalam computer dan bahasa pemrogaman yang ada di dalamnya memberikan fleksibesibelitas kepada computer. Fleksibelitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi pengguna bisnis. Dengan konsep ini, computer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrogaman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrogaman Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrogama ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahka seseorang untuk memprogram dan mengatur computer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli system computer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa computer generasi kedua ini.

4.Komputer Generasi Ketiga
                  
          Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintergrasi (IC: intergrated circuit pada tahun 1958).IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan  kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komponen menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori computer.

5. Komputer Generasi Keempat
          Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Intregration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
          Ultra-Large Scale Integration (ULSI)meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan computer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah computer  (central processing unit, memori dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian di program untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diingikan. Tidak lama kemudian,  setiap perangkat rumah tangga dilengkapi dengan mikroprosesor.
          Perkembangan yang dengan demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan computer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit computer menawarkan produk computer mereka ke masyarakat umum. komputer -komputer ini, yang disebut minicomputer, dijual dengan paket piranti lunak yyang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling popular pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen untuk computer rumahan yang lebih canggih dan dapat di program.
          Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. sepuluh tahun kemudian 65 juta PC digunakan. Computer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat digenggam (palmtop).
          IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar computer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan computer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
          Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU; IBM PC/486,Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan computer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan computer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring bertambah kuatnya suatu computer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling bekomunikasi satu dengan yang lainnya. Computer jaringan memungkinkan computer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

6. Komputer Generasi Kelima

          Mendefinisikan computer generasi kelima mejadi cukup sult karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif computer generasi kelima adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah computer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), Hal dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan viual, dan belajar dari pengalamanannya sendiri.
          Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa computer dapat merima intruksi secara llisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menerjemahkan bahasaasing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak  sederhana. Namun fasilita tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangatt bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menerjemahkan kata-kata secara langsung.
          Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan computer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang utama adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non-Neumann. Model  non-Neumann  akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
          Jepang merpakan Negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan  proyek computer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for New Computer Techology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini tlah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. 

(buku pelajaran)
-AyU RiaN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar yg sopan ^^